JOURNAL REVIEW PROCESS

      Lex Librum diterbitkan dengan proses yang ketat mengikuti pedoman Open Jounal System dan template yang telah ditentukan berdasarkan pedoman penulisan artikel ilmiah Lex Librum. Semua disampaikan manuskrip dan akan melalui proses review dari para reviewers. Setelah dari di review kemudian artikel-artikel dibaca oleh anggota editorial (berdasarkan bidang keahlian masing-masing) dan diperbaiki oleh Managing Editor untuk memenuhi kriteria yang diperlukan reviewer Jurnal Lex Librum. Manuskrip akan dikirim ke dua filter berdasarkan pengalaman mereka dalam meninjau naskah atau berdasarkan bidang spesialisasi mereka. Reviewer meninjau formulir oleh pengulas dua item yang sama. Kemudian Revision membuat keputusan berdasarkan pengulas komentar atau saran. Reviewer memberikan penilaian mereka pada kejelasan presentasi, orisinalitas, kontribusi ilmu/ lapangan, Reviewers 

Lex Librum memiliki empat jenis keputusan:

  1. Diterima Apa adanya,
  2. Diterima dan di revisi dalam skala kecil (membiarkan penulis direvisi dengan waktu ditetapkan) 
  3. Diterima dan di revisi dalam skala besar (membiarkan penulis direvisi dengan waktu ditetapkan) 
  4. Ditolak (umumnya, di latar belakang, luar ruang lingkup dan tujuan, masalah utama deskripsi teknis, kurangnya kejelasan presentasi)


     Untuk memeriksa plagiat, Lex Librum Editorial Board akan layar plagiarisme dengan menggunakan Grammarly Program. Jika ditemukan plagiarisme indikasi (di atas 30%), Dewan editorial akan segera menolak naskah.